Header Ads

Mengenal istilah yang sering digunakan dalam berasuransi


Sebagai nasabah, anda wajib memahami dan mengerti polis yang anda miliki. Hal ini bertujuan agar anda mengetahui batasan - batasan dan ruang lingkup yang berhak anda klaim. Anda dapat memulainya dengan mempelajari istilah yang sering digunakan dalam berasuransi berikut ini :

Pemegang Polis

Pemegang Polis merupakan individu atau kelompok yang berhak atas administrasi suatu polis. Umumnya, ia bertanggung jawab atas kelangsungan polis dan pembayaran polis tersebut. Dalam asuransi unit link, ia berhak untuk melakukan switching investment. Ia berhak untuk menaikkan premi dan melakukan konfigurasi seperti mengubah Termaslahat sesuai polis yang ia miliki.

Tertanggung

Tertanggung merupakan individu yang dilindungi dalam suatu polis asuransi. 1 individu sangat mungkin untuk menjadi pemegang polis dan tertanggung. Hal ini berarti individu tersebut melakukan pembayaran atas proteksi yang ia beli, untuk melindungi dirinya sendiri. 

Termaslahat / ahli waris

Termasalahat merupakan individu atau kkelompok yang namanya diajukan dalam Surat Permintaan Asuransi Kesehatan (SPAK) atau Surat Permintaan Asuransi Jiwa (SPAJ) yang kemudian akan tercantum dalam polis ketika polis tersebut. Termaslahat akan menerima manfaat sesuai Polis jika tertanggung mengalami resiko sakit penyakit maupun tutup usia.

Uang pertanggungan

Uang pertanggungan merupakan sejumlah uang yang tercantum dalam polis dan akan dibayarkan oleh Penanggung kepada  Pemegang Polis atau Yang Ditunjuk sesuai dengan syarat dan ketentuan pada Polis yang berlaku.

Usia pertanggungan

Usia pertanggungan merupakan sejumlah usia dimana perlindungan atas suatu manfaat berlaku. Misalkan seorang Tertanggung memiliki manfaat penyakit kritis dengan usia pertanggungan 55 tahun. Maka, Tertanggung akan mendapatkan santunan ketika ia mengalami resiko penyakit kritis sebelum berusia 55 tahun. Ketika tertanggung mengalami resiko penyakit kritis saat berusia diatas 55 tahun, maka sangat mungkin bagi Tertanggung tidak mendapatkan santunan atas manfaat penyakit kritis tersebut.

Penanggung

Penanggung merupakan perusahaan asuransi yang memberikan perlindungan kepada Tertanggung.

Premi

Sejumlah uang yang disetor oleh Pemegang Polis kepada Penanggung.

Polis

Polis merupakan surat perjanjian / kontrak yang memuat perjanjian, syarat, ketentuan dan perjanjian asuransi antara Penanggung dengan Pemegang Polis.

Agen

Agen merupakan perpanjangan tangan Penanggung dengan Pemegang Polis. Agen menyediakan informasi atas produk yang mereka tawarkan. Anda diperkenankan untuk meminta ilustrasi / proposal produk yang anda minati kepada agen.

No comments

Berikan tanggapan atas artikel ini