Header Ads

Panduan memilih agen asuransi yang tepat


Agen asuransi memiliki peranan penting dalam berasuransi. Umumnya, agen asuransi berperan sebagai seorang konsultan yang menyajikan solusi proteksi serta investasi bagi nasabah yang ingin memiliki proteksi dan asuransi. Asuransi merupakan produk jangka panjang, sehingga anda tentu tidak ingin uang anda sia - sia dengan membeli proteksi yang belum anda butuhkan. Oleh karena itu, anda perlu bersikap hati - hati dalam memilih agen asuransi yang tepat.

Ada beberapa tips dan panduan dalam memilih agen asuransi, diantaranya :

Pastikan agen asuransi bersertifikasi

Sertifikasi asuransi merupakan lisensi yang harus dimiliki oleh setiap agen yang ingin menjual produk asuransi. Agen wajib mengikuti ujian yang diselenggarakan oleh asosiasi asuransi terkait untuk mendapatkan sertifikasi tersebut. Dengan memiliki asuransi, maka agen asuransi dinyatakan secara sah dapat menjual asuransi sesuai sertifikasi yang ia miliki.

Pastikan agen asuransi menguasai produk yang ia jual

Hal lain yang tak kalah penting ialah seorang agen asuransi harus menguasai produk yang ia jual dengan sangat baik, sehingga ia mampu menjabarkan serta menjelaskan manfaat dari produk tersebut kepada nasabah. Nasabah pun berhak bertanya serta berdiskusi dengan agen terkait produk apa saja yang agen asuransi jual beserta manfaatnya.

Pastikan agen asuransi memiliki pengalaman yang cukup serta berkomitmen

Anda berhak bertanya terkait pengalaman agen asuransi dalam berjualan produk. Dengan demikian, anda dapat melihat portofolio agen tersebut dalam melayani nasabah dalam menggunakan manfaat atau mengajukan klaim.

Komitmen seorang agen asuransi juga tak kalah penting mengingat asuransi merupakan produk jangka panjang. Harapannya, agen asuransi senantiasa siap sedia dalam mendampingi dan membantu nasabah hingga polis selesai.

Pastikan anda nyaman berinteraksi dengan agen tersebut.

Kenyamanan nasabah merupakan yang utama. Agen asuransi akan menjadi partner nasabah hingga polis selesai. Maka dari itu anda perlu memastikan apakah anda nyaman berinteraksi dengan agen tersebut. Jika anda nyaman berinteraksi dengan agen tersebut, hal ini menjadi nilai positif bagi anda untuk bekerjasama dengan agen asuransi tersebut.

Hindari memilih agen asuransi dengan alasan "tidak enak hati"

Disadari atau tidak, anda mungkin melihat ada banyak sekali agen asuransi yang berada di sekitar anda. Diantaranya mungkin sanak saudara atau famili anda. Mereka datang kepada anda dan menawarkan asuransi. 1 hal yang perlu anda tegaskan dalam hal ini ialah agar anda tidak memilih agen asuransi dengan alasan agen asuransi tersebut merupakan sanak saudara / famili anda.

Jika nasabah merasa agen tersebut tidak kompeten dan berkualifikasi di bidangnya, sebaiknya anda tidak menjadikan mereka sebagai agen anda sekalipun agen asuransi tersebut merupakan sanak saudara / famili anda.

Demikian 5 panduan memilih agen asuransi yang tepat. Jika anda tidak menemukan agen asuransi sesuai kriteria diatas di sekitar anda, maka anda mungkin ingin menghubungi saya untuk berdiskusi tentang perencanaan keuangan bagi keluarga anda.

No comments

Berikan tanggapan atas artikel ini