Header Ads

Perbedaan antara asuransi tradisional dengan unit link


Pernahkah anda mendengar agen asuransi menawarkan produk asuransi tradisional maupun asuransi unit link kepada anda ? Apakah anda sudah mengetahui atau memahami kedua jenis asuransi yang berbeda tersebut ?

Secara umum, asuransi terbagi menjadi 2 jenis, yakni :

  • Asuransi jiwa tradisional
  • Asuransi jiwa non tradisional

Asuransi jiwa tradisional 

Asuransi jiwa tradisional merupakan asuransi yang bersifat asuransi murni sehingga tidak terdapat investasi / tabungan di dalamnya. Asuransi tradisional sendiri terbagi menjadi 3 jenis, yakni :
  • Term Life
  • Whole Life
  • Endowment
Berikut penjelasan dari 3 jenis asuransi tersebut :

  • Asuransi tradisional - term life

Asuransi tradisional term life merupakan asuransi tradisional yang berjangka yang didalamnya tidak tercantum investasi dan nilai tunai. Secara umum, asuransi tradisional - term life berumur 5 tahun hingga 20 tahunan sesuai kebijakan dari masing - masing asuransi. Cara mudah untuk mengetahui Asuransi tradisional term life ialah jangka waktu pembayaran yang sama dengan jangka waktu proteksi. Uang ditukar dengan proteksi untuk jangka waktu yang sama.

  • Asuransi tradisional - whole life

Berbeda dengan asuransi tradisional - term life yang berjangka waktu pendek, asuransi tradisional - whole life memiliki usia dan jangka waktu yang lebih panjang dibanding asuransi tradisional - term life. Nilai tunai dan investasi pun melekat pada produk asuransi tradisional - whole life. Nilai tunai ini kemudian dapat ditarik atau dicairkan sesuai instruksi oleh Pemegang Polis yang kemudian secara otomatis polis tersebut akan ditutup.

  • Auransi tradisional - endowment

Asuransi tradisional endowment merupakan polis yang memberikan perlindungan jiwa sekaligus manfaat investasi.

Asuransi jiwa non tradisional 

Asuransi jiwa non tradisional merupakan jenis asuransi yang didalamnya terkandung investasi serta nilai tunai. Pada asuransi jiwa non tradisional ini pun nasabah berhak mendapatkan rider atau asuransi tambahan yang dapat digunakan sebagai proteksi secara menyeluruh. Asuransi jiwa non tradisional ini pun sering disebut sebagai asuransi unit link dikarenakan sifatnya yang bisa ditambahkan atau disambungkan dengan rider.

Asuransi unit link menggunakan satuan unit dalam transaksional di dalamnya seperti :
  • Pembayaran topup berkala 
  • Pembayaran biaya administrasi
  • Penarikan nilai tunai
Sehingga setiap uang yang masuk akan dikonvesi menjadi satuan unit yang nantinya dapat digunakan untuk kegiatan transaksional seperti diatas. Umumnya premi Asuransi jiwa non tradisional memiliki harga lebih mahal dibanding asuransi jiwa tradisional. Positifnya ialah, proteksi asuransi jiwa non tradisional umumnya berusia lebih panjang dibanding asuransi tradisional serta fleksibilitasnya untuk menambahkan rider sesuai proteksi yang dibutuhkan oleh nasabah serta adanya nilai tunai dan investasi dalam polis.

Nilai tunai dan investasi dalam polis bersifat fluktuatif. Artinya nilai tunai dan manfaat proteksi sangat ditentukan oleh kinerja investasi dari aset investasi yang bersangkutan. 

Kesimpulannya, jika anda membutuhkan proteksi secara sementara dengan budget terbatas, anda mungkin ingin lebih memilih asuransi jiwa tradisional. Anda mungkin akan menyukai produk Maestro Protection Care yang memiliki manfaat dalam pengembalian premi yang telah disetorkan menurut syarat dan ketentuan yang berlaku.

Jika anda membutuhkan proteksi secara menyeluruh dengan adanya fleksibilitas dalam menambahkan rider dan disertai oleh investasi dan nilai tunai, anda mungkin akan memerlukan asuransi jiwa non tradisional untuk melindungi diri anda dari segala resiko yang mungkin terjadi di waktu mendatang.

Intinya adalah jangan sungkan menghubungi kami agar kami dapat segera memproses perlindungan anda.

No comments

Berikan tanggapan atas artikel ini