Header Ads

3 kondisi dimana anda (sebenarnya) tidak membutuhkan asuransi dan proteksi

via Pixabay.com
Asuransi memiliki fungsi untuk melindungi Tertanggung dari dampak yang diakibatkan oleh resiko rawat inap maupun resiko tutup usia. Faktanya, tidak semua orang membutuhkan asuransi dan proteksi.

Berikut adalah kondisi dimana anda (sebenarnya) tidak membutuhkan asuransi dan proteksi :

Anda kebal dari segala jenis resiko.

Jika anda bisa menjamin diri anda kebal dari segala jenis resiko seperti resiko sakit penyakit, resiko disabilitas, dan resiko tutup usia, maka anda tidak membutuhkan asuransi. Seringkali resiko diatas menjadi penghambat anda sebagai tulang punggung keluarga untuk memenuhi kebutuhan keluarga. 

Sebagai contoh, bapak B bekerja di perusahaan skala internasional dengan penghasilan lebih dari cukup. Suatu ketika ia mengalami salah satu resiko diatas dan kondisi ini memaksanya untuk keluar dari pekerjaan tersebut. Ia kehilangan penghasilan, tunjangan, asuransi kesehatan yang disediakan oleh perusahaan. Jika bapak B bisa menjamin ia kebal dari segala jenis resiko, maka dipastikan ia tidak membutuhkan asuransi. 

Penghasilan menurun sementara biaya kebutuhan hidup yang terus melonjak dengan adanya inflasi setiap tahunnya akan membuat bapak B beserta seluruh resiko yang ia miliki berusaha keras demi mencukupi kebutuhan hidup sehari - hari.

Anda tidak memiliki tanggungan.

Bagi anda yang tidak memiliki tanggungan seperti anak, istri, dan keluarga yang berdampak langsung ketika anda mengalami resiko sakit penyakit, resiko disabilitas, dan resiko tutup usia, maka anda tidak membutuhkan asuransi. 

Sebagai tulang punggung, anda wajib memenuhi kebutuhan hidup rumah tangga. Mulai dari keperluan bulanan, dana pendidikan, cicilan, angsuran, warisan, dan hutang, harus anda perhitungkan secara matang. Namun ada 1 hal eksternal yang tidak bisa anda hitung ataupun kendalikan dan hal tersebut sering disebut sebagai resiko


"tentunya anda tidak ingin bekerja puluhan tahun hanya untuk membayar kerugian dan biaya yang timbul akibat resiko yang datangnya mendadak, bukan ?"


Anda tidak bisa mengendalikan resiko, namun anda bisa mengendalikan dan menjaga anak, istri, dan keluarga ketika anda tertimpa resiko melalui asuransi. Ketika anda tidak memiliki tanggungan, maka anda tidak perlu mengendalikan dan menjaga tanggungan apapun ketika anda tertimpa resiko. 


Anda tidak peduli pada diri anda.

Asuransi bertujuan untuk melindungi sesuatu yang berharga. Jika anda tidak melihat harga atas diri anda, maka bisa dipastikan bagi anda untuk tidak memiliki asuransi.

Bagaimana cara menentukan harga atas diri anda ?
Banyak cara untuk menentukan harga atas diri anda. Cara yang paling banyak digunakan ialah dengan menghitung biaya yang anda keluarkan untuk anak, istri, keluarga anda. 

Semakin besar uang yang anda keluarkan untuk membayar biaya kebutuhan hidup, maka semakin tinggi pula harga atas diri anda. Karena ketika anda tertimpa resiko, maka keluarga harus bekerja keras mencari penghasilan tambahan yang sesuai dengan penghasilan anda demi memenuhi kebutuhan hidup.


Jika anda memiliki salah satu dari 3 kriteria diatas, maka anda mungkin ingin mempertimbangkan kembali dalam memiliki asuransi. Namun sebaliknya, jika anda merasa 3 kriteria diatas sangat bertentangan dengan anda, maka anda mungkin ingin memiliki asuransi sesegera mungkin. Pelajari lebih lanjut mengapa anda perlu mempersiapkan proteksi sejak dini di halaman ini.

Segera hubungi kami untk menyiapkan perlindungan yang sesuai dengan kebutuhan anda sekeluarga dengan menghubungi Whatsapp maupun Page Facebook kami.

No comments

Berikan tanggapan atas artikel ini