Header Ads

Mengupas plus minus antara BPJS dengan Asuransi


Ketika berbicara soal asuransi di Indonesia, tentu akan melintas di benak tentang BPJS. Dibawah ini merupakan penjelasan lengkap tentang BPJS yang dikutip dari Wikipedia


"Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS merupakan lembaga yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan sosial di Indonesia menurut Undang-undang Nomor 40 Tahun 2004 dan Undang-undang Nomor 24 Tahun 2011. Sesuai Undang-undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional, BPJS merupakan badan hukum nirlaba."


Pernah suatu hari saya bertanya kepada kolega dan rekan kerja apakah mereka sudah mempunyai proteksi dan asuransi, rata - rata jawaban yang saya terima seperti ini:


"Iyah, aku udah punya BPJS yang setiap bulannya dibayarin kantor" 


Cara kerja BPJS Kesehatan serupa dengan asuransi swasta lainnya. Jika diamati lebih mendetil, tentu akan ada beberapa perbedaan antara keduanya. Untuk itu, mari kita mulai dari kelebihan BPJS terlebih dahulu.

1. Semua orang bisa mendaftar BPJS kesehatan

Dalam hal pendaftaran, saya bisa menjamin kalau BPJS Kesehatan lebih baik dibandingkan dengan asuransi kesehatan pada umumnya. Di asuransi kesehatan pada umumnya, medical checkup mungkin diperlukan pada saat pendaftaran asuransi untuk mendapatkan referensi medis atas diri anda.

Kemudian medical checkup tersebut digunakan untuk menentukan apakah polis anda diterbitkan atau tidak. Jika medical checkup menunjukkan bahwa anda beresiko, bukan tidak mungkin pengajuan perlindungan anda justru ditolak atau diterima dengan harga yang lebih mahal. Jika anda ingin mendaftar sebagai BPJS Kesehatan, polis anda akan aktif dan sangat mungkin bagi anda untuk tidak melakukan medical checkup.

2. Tidak perlu khawatir dengan penyakit yang sudah ada (pre existing conditions)

BPJS tetap menjaminkan penyakit yang sudah diderita sebelum Tertanggung mendaftarkan diri. Hal ini bertolak belakang dengan kebanyakan produk asuransi yang menolak atau mengecualikan penyakit yang sudah ada sehingga setiap klaim yang berhubungan dengan penyakit yang sudah ada tersebut tidak mungkin bisa di claim.

Namun anda tidak perlu khawatir sebab produk Maestro Elite Care tetap melindungi dan menjaminkan penyakit yang sudah ada sesuai syarat yang ketentuan berlaku.

3. Seluruh biaya dijaminkan oleh BPJS Kesehatan sesuai dengan tagihan Rumah Sakit.

Asuransi kesehatan memiliki plafond sendiri untuk rawat inap, baik ruang rawat inap maupun ruang rawat ICU. Jika anda mengajukan klaim melebihi plafond tersebut, maka Penanggung akan membayarkan sesuai plafond yang telah disepakati. Selisihnnya wajib dilunasi oleh pihak pasien.

Berbeda dengan Asuransi kesehatan, BPJS Kesehatan menjaminkan seluruh biaya yang ditagihkan oleh Rumah Sakit, sehingga pasien mungkin tidak perlu membayar / mengeluarkan uang sepeser pun untuk menjalani perawatan.


BPJS Kesehatan terbuka bagi setiap orang yang ingin terlindungi dengan budget terbatas


Jika dibandingkan dengan BPJS Kesehatan, asuransi pun memiliki kelebihan yang tidak tersedia dalam perlindungan BPJS Kesehatan seperti :

1. Berobat dimana saja sesuai Rumah Sakit yang bekerjasama dengan Penanggung.

Anda dapat berobat dimana saja di Rumah Sakit yang memang bekerja sama dengan Penanggung. Hal ini merupakan kelebihan dalam penggunaan asuransi dibandingkan BPJS Kesehatan. Jika anda ingin berobat menggunakan BPJS Kesehatan, anda tidak diperkenankan untuk langsung mendatangi Rumah Sakit yang diinginkan (misalkan Rumah Sakit tersebut berlokasi dekat dengan tempat tinggal anda).

Sebagai pengguna BPJS Kesehatan, anda perlu mendaftarkan diri anda berobat di klinik terdekat di sekitar anda (faskes tingkat 1). Jika pasien ingin berobat di faskes tingkat 2 dan seterusnya, pasien wajib meminta rujuan dari faskes tingkat sebelumnya. Dalam proses pendaftaran terdapat prosedur yang wajib anda ikuti :

Flow pendaftaran faskes - Sumber

Jika anda dinyatakan diterima dan siap untuk pembuatan surat PKS, maka anda dapat berobat di 5 Rumah Sakit dibawah ini.

Hanya 5 Rumah Sakit di Jakarta Barat yang melayani pasien BPJS - Sumber
Jika anda merupakan nasabah dari produk asuransi kesehatan, tentunya anda memiliki akses Rumah Sakit lebih banyak dan lebih lengkap dibandingkan dengan BPJS Kesehatan. Sebagai contoh, anda dapat dengan bebas memilih salah satu dari 6 Rumah Sakit yang merupakan rekanan dari asuransi merk X  pada tautan berikut ini.

Umumnya, asuransi mempunyai 2 metode klaim yang dapat dilakukan, yakni :

  • Cashless : Pasien tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun.
  • Reimbursement : Pasien perlu mengeluarkan uang untuk menjalani pengobatan, kemudian meminta penggantian / mengajukan klaim kepada pihak Penanggung. Tentu saja Penanggung akan membayarkan sesuai plafond yang telah disepakati.

Anda dapat menikmati 2 metode klaim tersebut di rumah sakit rekanan asuransi anda.

3. Perlindungan yang menjangkau hingga mancanegara

BPJS Kesehatan hanya berlaku di Indonesia, sementara asuransi kesehatan (seperti Maestro Elite Care) dapat berlaku hingga mancanegara. Anda dapat melihat daftar yang dijaminkan oleh Penanggung melalui tautan diatas.

4. BPJS Kesehatan yang cenderung mengantri.

Kesehatan bukanlah sesuatu yang layak dipermainkan. Penanganan yang sedikit terlambat bisa berakibat fatal bagi pasien. Oleh sebab itu, penanganan responsif dan prioritas menjadi salah satu kunci utama dalam mendapatkan pengobatan dan perawatan.

Banyaknya pengguna BPJS Kesehatan dan sedikitnya Rumah Sakit yang menerima pasien BPJS Kesehatan, menjadi hal yang diyakini menjadi penyebab antrian panjang pada Rumah Sakit disaat anda benar benar - membutuhkan pertolongan / perawatan. Hal ini menjadi stigma negatif BPJS Kesehatan yang beredar di masyarakat.


"pasien BPJS Kesehatan sering dinomorduakan oleh Rumah Sakit"


Bandingkan jika anda merupakan nasabah asuransi. Anda hanya perlu mendaftar dengan membawa kartu jaminan asuransi atau mengatakan kepada bagian resepsionis bahwa anda merupakan nasabah asuransi, niscaya anda tidak perlu mengantri dan mendapat pertolongan dengan segera.


"ada harga yang sebanding dengan kualitas. Namun kesehatan, keselamatan dan nyawa manusia tidak bisa dikompromi dengan cara apapun juga"


Jangan sungkan jika anda membutuhkan penjelasan lebih lanjut tentang produk Maestro Elite Care dan pastikan diri anda terlindungi sejak dini seperti yang saya bahas pada artikel berikut ini

No comments

Berikan tanggapan atas artikel ini