Header Ads

Sengitnya perbandingan Panin Premier Multilinked dengan Maestro Link Plus

via Pexels.com
Sangat penting bagi calon pemegang Polis untuk memahami produk asuransi yang akan mereka beli. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal seperti ketentuan klaim dan ruang lingkup perlindungan. Misalnya saja, pada artikel istilah dalam asuransi tersebut tertera istilah yang dinamakan Usia Pertanggungan.



"Usia pertanggungan merupakan sejumlah usia dimana perlindungan atas suatu manfaat berlaku."


Dengan mengenal produk yang anda beli, maka akan meminimalisir peluang terjadinya klaim yang tidak dijaminkan oleh Penanggung. Saya sendiri senantiasa mengedukasi teman - teman dan rekan kerja untuk memahami Polis / produk asuransi yang mereka beli demi kebaikan dan proteksi mereka dan keluarganya.

Pada kesempatan kali ini, saya mendapatkan contoh proposal asuransi unit link yang dibuatkan oleh teman saya, seorang agen Bancassurance dengan produk Panin Premier Protection. Kemudian saya bermaksud untuk melakukan perbandingan produk Panin Premier Protection tersebut dengan produk yang saya pelajari, yakni Maestro Link Plus.

Mencari informasi tentang produk Panin Premier Protection memang tidak mudah. Bahkan di halaman Panindai-ichilife saya tidak menemukan adanya produk Panin Premier Protection. Namun saya menemukan referensi Panin Premier Protection di halaman Kaskus yang memiliki spesifikasi serupa dengan produk Panin Premier Multilinked sesuai yang dirilis pada halaman Panindai-ichilife.

Selanjutnya kita dapat membaca referensi produk Maestro Link Plus di halaman AXA berikut ini.

Maestro Link Plus vs Panin Premier Multilinked


Sebagai permulaan, saya membandingkan halaman depan untuk kedua produk tersebut. Anda mungkin dapat menemukan informasi diatas pada halaman depan Polis yang anda miliki.

Berdasarkan kedua gambar tersebut, kita dapat melihat bahwa poin dibawah ini telah memiliki nilai yang sesuai :

  • Cara bayar premi
  • Profil calon pemegang Polis (Pria dengan usia 26 tahun)
  • Cara bayar premi secara bulanan
  • Nominal premi secara keseluruhan (Rp. 1,000,000)
  • Alokasi premi (Premi dasar = Rp. 850,000 dengan Topup berkala = Rp. 150,000)
  • Manfaat tambahan alias rider (Penyakit kritis)

Satu hal yang terlihat jelas pada perbandingan kedua proposal tersebut ialah Usia pertanggungan penyakit kritis dari produk Maestro Link Plus lebih panjang dibandingkan dengan Panin Premier Multilinked. Pada proposal Maestro Link Plus melindungi 75 resiko penyakit kritis hingga Tertanggung berusia 74 tahun, sementara Panin Premier Multilinked hanya melindungi 75 resiko penyakit kritis hingga Tertanggung berusia 49 tahun. 

Perlu dicatat bahwa Maestro Link Plus memiliki 3 jenis rider untuk perlindungan penyakit kritis, yakni :
  • CI Platinum 65 : Memberi perlindungan penyakit kritis dengan usia perlindungan 65 tahun.
  • CI Platinum 75 : Memberi perlindungan penyakit kritis dengan usia perlindungan 75 tahun.
  • CI Platinum 85 : Memberi perlindungan penyakit kritis dengan usia perlindungan 85 tahun.

"49 tahun tergolong sebagai usia produktif. Akan sangat disayangkan jika anda harus mengalami resiko penyakit kritis di usia yang menjelang senja sehingga mengakibatkan produktifitas anda menurun."


disclaimer: saya tidak tahu apakah usia pertanggungan pada produk Panin Premier Multilinked bisa disejajarkan hingga 65 tahun agar perbandingan Usia Pertanggungan menjadi sepadan.

Dari sisi kinerja investasi dan nilai tunai, Panin Premier Multilinked memiliki nilai investasi yang lebih besar dibandingkan Maestro Link Plus. Hal ini dibuktikan pada gambar dibawah ini :
Maestro Link Plus vs Panin Premier Multilinked
Pada proposal Panin Premier Multilinked tidak tercantum bagaimana kinerja investasi jika Pemegang Polis melakukan cuti premi dan bagaimana kinerja investasi jika Pemegang Polis tidak melakukan cuti premi atau melakukan pembayaran premi secara rutin setiap bulannya, sehingga saya membandingkan kinerja investasi Panin Premier Multilinked dengan Maestro Link Plus dengan kondisi Pemegang Polis melakukan cuti premi di tahun ke 11 seperti diatas.

Jika kita memperhatikan pada kinerja investasi rendah, maka kedua Polis akan Lapse ketika Tertanggung berusia 55 - 56 tahun. Pada kinerja sedang, produk Maestro Link Polis hanya mampu menyaingi hingga 22% dari produk Panin Premier Multilinked. Sementara pada kinerja investasi tinggi, produk Maestro Link Polis hanya mampu menyaingi hingga 26% dari produk Panin Premier Multilinked.

Kemudian saya membandingkan Maestro Link Plus dengan Panin Premier Multilinked dengan kondisi Pemegang Polis Maestro Link Plus tidak melakukan cuti premi. Hasilnya dapat dilihat pada gambar dibawah ini :

Maestro Link Plus vs Panin Premier Multilinked
Berdasarkan gambar diatas, dapat kita ambil kesimpulan bahwa produk Maestro Link Plus memiliki jangka perlindungan yang lebih panjang jika dibandingkan dengan produk Panin Premier Multilinked ketika kinerja investasi sedang rendah.

Namun, Panin Premier Multilinked memiliki nilai investasi yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan nilai investasi Maestro Link Plus pada kinerja investasi tinggi. Artinya, sekalipun Pemegang Polis melakukan pembayaran premi secara rutin tanpa melakukan cuti premi, nilai tunai yang dihasilkan tidak setinggi produk Panin Premier Multilinked.


"lantas, siapakah yang menjadi pemenangnya ?"


Jika anda melihat dari sisi proteksi dan jangka waktu perlindungan, maka anda mungkin ingin memilih produk Maestro Link Plus. Sebaliknya, jika anda ingin melihat dari sisi investasi, anda mungkin ingin memilih produk Panin Premier Multilinked.




No comments

Berikan tanggapan atas artikel ini