Header Ads

Bitcoin dan Cryptocurrency sedang viral. Haruskah anda memilikinya ?

via fortunedotcom.files.wordpress.com
Semua orang membicarakan Bitcoin. Mulai teman - teman kantor, grup whatsapp, Facebook, Instagram, hingga Kaskus, membicarakan Bitcoin. Apa itu Bitcoin ?

Video dibawah ini dapat memberikan gambaran tentang apa itu Bitcoin.


Lantas, apa yang membuat Bitcoin menarik ?

Sederhana saja, pernahkah anda menemukan mata uang yang nilai konversinya hingga ratusan juta rupiah ?

Jika tidak, mungkin anda ingin mengunjungi halaman bitcoin.co.id dan menyaksikan sendiri nilai 1BTC (bitcoin) pada hari ini 4 Desember 2017 pukul 22:15 setara dengan Rp. 162,101,000 atau seratus enam puluh dua juta seratus satu ribu.

Berdasarkan grafik yang saya peroleh dari worldcoinindex, pertumbuhan nilai Bitcoin meroket di bulan Juli 2017.
nilai Bitcoin meningkat drastis di tahun 2017
Sekalipun Bitcoin dilarang oleh Bank Indonesia, hal ini seakan tidak menjadi penghalang bagi orang - orang untuk segera mengalokasikan uangnya untuk berinvestasi di Bitcoin. Saya pribadi tidak menyarankan anda untuk mengalokasikan uang untuk berinvestasi di Bitcoin dengan bervariasi alasan dibawah ini :

Apakah Bitcoin aman ?

Berkaca pada kasus Bank Mandiri di bulan Mei 2017 silam yang mengakibatkan hilangnya duit nasabah, tentu hal ini akan menjadi pertimbangan dan pertanyaan apakah Bitcoin aman atau tidak. Pada kasus tersebut, pihak Bank Mandiri berani untuk mengembalikan saldo nasabah jika terjadi kelalaian sistem.

Lantas, bagaimana anda menjamin bahwa Bitcoin aman ?

Bitcoin merupakan mata uang digital yang berpindah dari 1 orang ke orang lainnya secara sistem. Siapa yang akan bertanggung jawab jika Bitcoin tersebut hilang akibat kelalaian sistem ?

Selain aman dari kelalaian sistem, kita juga harus memastikan bahwa nilai tukar Bitcoin aman.Dalam proses penerbitan uang, terdapat 2 jenis sistem yang sering dipakai, yakni :
  • Pseudo Gold.
  • Uang Fiat.
Pseudo Gold merupakan sistem dalam menerbitkan uang yang didukung / dijaminkan oleh cadangan permata seperti Emas dan Perak. Sementara Uang Fiat merupakan sistem dalam menerbitkan uang tanpa dukungan atau jaminan oleh cadangan permata. Bitcoin berada di dalam sistem Uang Fiat.


"Monkey business adalah sebuah permainan yang diawali satu atau beberapa pihak pemodal besar yang mendesain agar suatu komoditas bernilai tertentu. Perlahan namun pasti, komoditas tersebut bakal mempunyai nilai yang terus bertambah, kendati komoditas itu tidak memiliki manfaat yang jelas serta ilmiah." - Sumber


Berdasarkan video tentang Bitcoin dan gambaran penggunaan Bitcoin diatas, kita mengetahui bahwa tidak ada negara / jaminan apapun yang dapat digunakan untuk menjamin nilai tukar dari Bitcoin itu sendiri. Umumnya, apa yang mudah naik cenderung akan mudah turun dan sebaliknya, dan memang sudah banyak Monkey Business yang pada akhirnya bubble dan sepi, seperti :
  • Batu akik,
  • Anthurium,
  • Ikan Lou Han,
  • dan Aglonema.

Haruskah saya memiliki Bitcoin ?

Jawaban sederhana untuk menjawab pertanyaan diatas ialah anda tidak wajib untuk memiliki Bitcoin sebagaimana dengan 2 pertimbangan diatas. Jika anda memiliki uang sebanyak Rp. 162,101,000, maka saya merekomendasikan anda untuk memiliki asuransi yang pasti aman dibandingkan mengalokasikan uang anda kedalam Bitcoin. 

Dengan berasuransi, keluarga anda terlindungi dan nilai ekonomi dari polis anda tidak hilang. Jika terjadi kelalaian sistem, Penanggung dapat dihubungi. Dari sisi keamanan, asuransi boleh dikatakan memiliki tingkat keamanan lebih baik dibanding Bitcoin dengan kepastian Uang Pertanggungan hingga Rp. 1,500,000,000 untuk budget yang sesuai.

atau jika anda ingin berinvestasi, beberapa asuransi pun telah bersifat unit link, hal ini membantu anda dalam memperoleh perlindungan sekaligus investasi dalam waktu bersamaan.

...................................................................................................................................................................

Segera hubungi kami via Whatsapp atau Facebook Page untuk mendapatkan proposal yang sesuai dengan kebutuhan anda.

No comments

Berikan tanggapan atas artikel ini