Header Ads

Mengupas asuransi kesehatan Zurich Pro Care dan Maestro Optima Care

via Zurich.com
Pekan lalu saya mendapat kesempatan berkenalan dengan seorang agen asuransi Zurich. Setelah berbincang soal asuransi, BPJS, dan pasar asuransi, akhirnya kami sepakat untuk bertukar proposal asuransi kesehatan murni (tanpa investasi).

Agen tersebut pun telah mengirimkan proposal asuransi kesehatan Zurich dengan plan advanced dan plan premium untuk profil pria usia 26 tahun. Saya pun telah membuat proposal asuransi kesehatan untuk kelas Opal dengan manfaat minimum dan kelas Diamond dengan manfaat maksimum. Anda dapat mengunduh proposal pada tautan tautan masing - masing.

Saya akan membandingkan proposal tersebut dengan budget. Dengan kata lain, proposal mana yang memberi lebih banyak keuntungan untuk budget yang sama. Anda dapat melihat perbandingan premi melalui skrinsut dibawah ini :




Berdasarkan skrinsut diatas, Maestro Optima Care lebih menghemat budget dan pengeluaran dana anda untuk asuransi kesehatan. Selanjutnya, kita akan membahas manfaat yang ditawarkan oleh Zurich Pro Care dan Maestro Optima Care seperti dibawah ini :


Metode klaim :

Zurich menerapkan metode klaim dengan sistem cashless untuk plan advanced dan premium di wilayah Indonesia, Singapura, dan Malaysia. Maestro Optima Care menerapkan metode klaim dengan sistem reimburse dan pre otorisasi dalam melakukan klaim. Dibutuhkan 5 hari kerja untuk memroses pre otorisasi ini. Jika anda membutuhkan asuransi kesehatan dengan sistem cashless, anda mungkin ingin memilih Zurich Pro Care dibandingkan Maestro Optima Care. 


Masa perlindungan :

Pemegang Polis Zurich Pro Care dan Maestro Optima Care memiliki hak untuk memperpanjang atau menambah masa perlindungan. Zurich Pro Care melindungi anda hingga usia 88 tahun sedangkan Maestro Optima Care melindungi anda hingga usia 99 tahun. Anda mungkin ingin memilih Maestro Optima Care untuk perlindungan yang lebih lama.


Wilayah pertanggungan :

Zurich Pro Care menjamin perlindungan di Indonesia, Singapura, Malaysia dan beberapa negara di benua Asia lainnya. Maestro Optima Care menjamin perlindungan di seluruh dunia kecuali Amerika Serikat untuk plan Premium dan hanya menjamin perlindungan di Indonesia untuk plan Advanced.


Inner limit :

Baik Zurich Pro Care dan Maestro Optima Care menjamin biaya sesuai tagihan dari rumah sakit. Namun Zurich Pro Care memiliki inner limit seperti maksimal rawat inap hanya diijinkan 150 hari dalam waktu 1 tahun. Maestro Optima Care menjamin biaya sesuai plan masing - masing. Plan opal (advanced) menjamin biaya hingga 10 Miliar per tahun sedangkan untuk plan diamond (premium) menjamin biaya hingga 50 Miliar per tahun. Anda dapat memilih sesuai preferensi anda apakah mobilitas anda hanya di area domestik atau internasional.


Jaminan penyakit yang sudah ada (pre existing condition) :

Zurich Pro Care tidak menjamin atas penyakit yang sudah ada sebelum polis terbit, sedangkan Maestro Optima Care tetap menjamin atas penyakit yang sudah ada sesuai kondisi yang tercantum pada polis. 


Santunan duka :

Zurich Pro Care memiliki santunan duka yang diakibatkan oleh sakit maupun kecelakaan. Sementara Maestro Optima Care tidak memiliki santunan duka apapun.


Jaminan rawat jalan :

Baik Zurich Pro Care dan Maestro Optima Care memiliki manfaat rawat jalan sesuai syarat dan ketentuan masing - masing. Zurich Pro Care memiliki batasan jumlah kunjungan sementara Maestro Optima Care memiliki batasan sesuai plafond sesuai plan masing - masing.

...................................................................................................................................................................

Kesimpulan

Jika anda membutuhkan asuransi dengan metode klaim secara cashles, anda mungkin akan memilih Zurich Pro Care. Sebaliknya, jika anda tidak ingin kompromi dengan kesehatan dan bersedia membayar dimuka untk perawatan dan medikasi, anda mungkin ingin memilih Maestro Optima Care.

Bila anda memilih untuk Maestro Optima Care, segera hubungi saya untuk memproses kebutuhan perlindungan anda via Whatsapp atau Facebook Page.

No comments

Berikan tanggapan atas artikel ini