Header Ads

Pertimbangan yang wajib anda ketahui dalam memilih asuransi kesehatan

via Pexels.com
Minggu lalu seorang teman satu kampus menelepon saya. Sepertinya dia mengikuti akun media sosial saya yang seringkali membagikan konten seputar asuransi. Sebagai informasi, rekan saya saat ini tinggal di Palangkaraya dan bermaksud untuk membeli asuransi kesehatan untuk orangtuanya. Ia meminta saya untuk menjabarkan apa itu asuransi dan bagaimana asuransi kesehatan bekerja serta apa yang membedakan antara asuransi kesehatan dengan BPJS.

Berdasarkan sinopsis diatas, mungkin masih banyak orang yang belum paham tentang cara kerja asuransi kesehatan dan BPJS. Saya akan menjelaskannya kembali pada artikel ini.


BPJS = Asuransi Kesehatan

Asuransi terbagi menjadi 2 jenis, yakni :
  • Asuransi Jiwa = Asuransi yang menjaminkan Uang Pertanggungan ketika Tertanggung mengalami resiko tutup usia.
  • Asuransi Kesehatan = Asuransi yang menjaminkan Uang Pertanggungan ketika Tertanggung mengalami resiko rawat inap.
BPJS termasuk kedalam jenis Asuransi Kesehatan, karena ia menjaminkan sejumlah uang untuk membayar biaya dan tagihan rumah sakit ketika anda tertimpa resiko rawat inap. 

Berdasarkan 2 jenis tersebut, tentu anda tidak ingin membeli asuransi jiwa untuk menjaminkan Uang Pertanggungan ketika anda mengalami resiko rawat inap, dan juga sebaliknya. Layaknya sendok dan garpu, keduanya memiliki fungsinya masing - masing.

Bagi anda yang tertarik untuk membeli asuransi kesehatan (terlepas apapun merknya), anda mungkin akan mempertimbangkan beberapa poin dibawah ini :


Apakah asuransi kesehatan anda memiliki Inner Limit ?

Saya pernah membandingkan 2 produk asuransi merk lain. Keduanya memiliki Inner Limit. Inner Limit merupakan batasan dalam suatu produk asuransi kesehatan. Sebagai contoh seperti dibawah ini:


asuransi X menjaminkan uang hingga Rp. 35,000,000,000 untuk pengobatan Tertanggung. Namun, ia tidak boleh menginap lebih dari 180 hari per tahun.


Inner Limit perlu jadi pertimbangan ketika anda memiliki penyakit yang memaksa anda untuk bolak - balik rumah sakit untuk mendapat pertolongan dan perawatan medis. BPJS tidak memiliki Inner Limit sehingga anda tidak perlu khawatir berapa hari anda terpaksa mengalami resiko rawat inap.

Untuk melakukan klaim BPJS, anda wajib menaati prosedur yang telah ditentukan, seperti memulai perawatan dari faskes tingkat 1, dan seterusnya hingga rumah sakit.

Maestro Optima Care boleh dikatakan bekerja seperti BPJS, namun tanpa prosedur memulai perawatan dari faskes tingkat 1. Sebagai nasabah Maestro Optima Care, anda diperkenankan untuk memulai perawatan langsung di tingkat rumah sakit dengan batasan dana mulai dari Rp. 10,000,000,000 hingga Rp. 50,000,000,000 per tahun sesuai dengan paket yang anda miliki.


Kenali tipe pembayaran asuransi kesehatan anda

Asuransi kesehatan sendiri memiliki 2 jenis, yakni :

  • In Patient = Menjaminkan pembayaran tagihan tagihan rumah sakit (sesuai ketentuan Polis yang berlaku)
  • Out patient = Menjaminkan pembayaran tagihan sesuai nilai yang disepakati dalam Polis.

Anda boleh merasa terlindungi dengan memiliki asuransi kesehatan, namun anda tentu wajib memastikan perlindungan dan jaminan pembayaran seperti apa yang berlaku dalam asuransi kesehatan yang anda beli. Hal ini bertujuan agar anda tidak kaget jika klaim anda ditolak karena tidak sesuai dengan kesepakatan Polis.

Maestro Optima Care merupakan asuransi kesehatan dengan jenis In Patient, artinya Maestro Optima Care akan membayar seluruh tagihan rumah sakit sesuai dengan ketentuan polis yang berlaku. Proses klaim Maestro Optima Care dapat dilakukan dengan 2 cara :
  • Pre Otorisasi : Penjaminan atas rawat inap yang telah direncanakan dengan melampirkan berkas atau keterangan medis
  • Emergency Admission : Penjaminan rawat inap atas perawatan yang tidak direncanakan.


Perhatikan wilayah pertanggungan asuransi kesehatan anda

Wilayah pertanggungan merupakan wilayah, area, atau lokasi yang dijaminkan oleh asuransi kesehatan tersebut. BPJS saat ini hanya menjaminkan wilayah di Negara Indonesia saja. Artinya, ia tidak akan menjamin seluruh perawatan atau tindakan medis yang dilakukan di luar negara Indonesia. 

Jika anda memiliki mobilitas tinggi dan sering melakukan perjalanan luar negeri dengan intensitas yang cukup sering, tentu anda dapat mempertimbangkan apakah anda akan memutuskan untuk memilih BPJS sebagai asuransi kesehatan anda.

Maestro Optima Care menjamin wilayah Indonesia hingga seluruh dunia kecuali Amerika Serikat, sesuai pada paket yang anda pilih. 


Dengan mengetahui pertimbangan diatas, diharapkan anda dapat memiliki asuransi kesehatan yang sesuai dengan tujuan dan manfaat yang diinginkan.

Jangan sungkan untuk menghubungi kami via Whatsapp atau Facebook Page untuk membahas perlindungan yang sesuai dengan kebutuhan anda dan keluarga.

No comments

Berikan tanggapan atas artikel ini