Header Ads

Efek miskomunikasi yang tidak mungkin anda duga sebelumnya

via Pexels
Bagi sebagian orang, miskomunikasi merupakan hal yang lumrah dan wajar. Tapi tahukah anda bahwa ada efek negatif yang mungkin belum anda duga sebelumnya ?

Mari kita simak sebuah kisah dibawah ini :

Seorang petani di suatu desa memiliki banyak sekali hewan dalam peternakannya. Suatu hari, ia memutuskan untuk membawa kerbau kesayangannya untuk membajak sawah. Ia pun berangkat pagi - pagi buta dan kembali pulang di sore hari. Kerbau yang kelelahan disambut oleh anjing petani yang kebetulan melintas. Kerbau pun berkata kepada Anjing :

hai anjing, bagaimana harimu ? Aku baru saja membajak sawah bersama petani. Aku sungguh sangat kelelahan dan akan beristirahat esok hari. Bagaimana menurutmu ?

Anjing yang mendengar keluhan Kerbau pun tidak menjawab. Kemudian ia bergegas untuk menjumpai Kucing di sudut ruangan dan berkata :

kasihan Kerbau. Ia sangat kelelahan. Oleh sebab itu, ia bermaksud untuk beristirahat esok hari. Sebenarnya aku pun mendukung kerbau untuk beristirahat. Mungkin petani memberinya pekerjaan yang terlalu banyak!

Kucing yang mendengar perkataan Anjing pun pergi menemui teman baiknya, Kuda, tentang apa yang diucapkan oleh Anjing. Kucing pun berkata :

Kerbau mengeluh petani memberinya pekerjaan terlalu banyak, sehingga Kerbau tidak ingin bekerja esok hari

Kuda yang saat itu baru selesai mengantarkan petani ke pasar untuk menjual hasil tani, sangat terkejut mendengarnya. Ia pun pergi menghadap Kambing dan berkata :

hai kambing, tahukah kamu kalau ternyata Kerbau tidak suka bekerja untuk petani dan ingin mencari petani lain yang lebih memperhatikannya ?

Kambing mendengar kabar itu dan meneruskannya ke seluruh hewan di peternakan petani. Kabar itupun akhirnya tiba di telinga petani. Petani yang murka segera menghunus pedang dan membunuh kerbau karena mengira kerbau telah berkhianat kepada petani. Semuanya bermula dari 1 kalimat Kerbau :

hai anjing, bagaimana harimu ? Aku baru saja membajak sawah bersama petani. Aku sungguh sangat kelelahan dan akan beristirahat esok hari. Bagaimana menurutmu ?

*** 

Manusia memang menarik. entah mengapa Mereka cenderung lebih mudah untuk menyebarkan kabar yang belum jelas kebenarannya dibanding mencari tahu kebenaran dari kabar tersebut. Bagi sebagian orang, Asuransi terkesan jahat, licik, tipu muslihat, dan lain sebagainya. Namun mengapa pertumbuhan industri asuransi justru meningkat ?

Semua hal yang anda terima bergantung pada keputusan anda dan bagaimana anda menerima hal baru. Apakah anda telah mencari tahu informasi dari sumber yang layak dan kredibel ? Apakah anda tidak memiliki filtrasi atas derasnya arus informasi di jaman digital, dan lebih mudah percaya hoax, kabar burung, gosip, dan fitnah ketimbang akal sehat anda sendiri ?

Jika memang anda tidak mengerti asuransi, ada baiknya anda mengumpulkan data dan informasi terkait asuransi terlebih dahulu. Anda dapat memperoleh informasi tersebut via internet, media cetak, koran, atau malah mengunjungi kantor asuransi terdekat anda. 

Setelah anda mempunyai referensi, selanjutnya anda mungkin ingin mendiskusikanya dengan agen asuransi. Hal ini tentu lebih bermanfaat dibanding anda menebarkan fitnah, kabar burung, dan gosip tentang asuransi, sementara anda tidak akan pernah tahu bagaimana sesungguhnya asuransi bekerja melindungi nasabahnya. 

No comments

Berikan tanggapan atas artikel ini