Header Ads

Serupa namun tak sama, Ini perbandingan produk MIP dan MLP

via Pixabay
Pada artikel ini saya ingin membahas tentang produk asuransi jiwa yang serupa namun tak sama. Produk tersebut ialah Maestro Infinite Protection (MIP) dan Maestro Link Plus (MLP).

Dalam membandingkan kedua tersebut, saya telah membuat 2 buah proposal dengan Uang Pertanggungan yang sama, yakni Rp. 500,000,000 dengan profil pria usia 30 tahun. Anda dapat mendownload proposal MIP pada tautan berikut ini dan proposal MLP pada tautan berikut ini.

Mari kita kulik plus minus dari kedua produk ini :

Manfaat resiko tutup usia produk MLP lebih besar jika dibandingkan produk MIP

Secara teori, kedua produk tersebut merupakan asuransi yang bersifat unit link, namun Maestro Link Plus memiliki manfaat lebih besar. Hal ini disebabkan oleh manfaat resiko tutup usia yang terdiri dari Nilai Tunai Investasi + Uang Pertanggungan jika dibandingkan dengan produk MIP yang hanya memberikan Uang Pertanggungan saja ketika Tertanggung mengalami resiko tutup usia.

Premi produk MLP lebih besar dibandingkan dengan produk MIP.

Dalam pembayaran secara tahunan yang dilakukan selama 10 tahun, anda dapat melihat bahwa produk MLP menagih anda sebesar Rp. 33,340,000 per tahun, sementara produk MIP menagih anda sebesar Rp. 6,755,000 per tahun.

Manfaat MIP terjamin 100% jika dibandingkan dengan produk MLP

Dari sisi manfaat, pada poin 1 telah dijelaskan bahwa manfaat resiko tutup usia dari produk MLP terdiri dari Nilai Tunai Investasi + Uang Pertanggungan. Maka, produk MLP tidak dapat memberi angka pasti berapa yang akan menjadi santunan ketika Tertanggung mengalami resiko tutup usia.

Berbeda dengan produk MIP, Uang Pertanggungan yang tertera pada proposal sudah pasti menjadi santunan bagi tertanggung.

Dari sisi pembayaran, produk MIP hanya mewajibkan Pemegang Polis melakukan pembayaran sesuai kontrak yang telah ditentukan. Dalam proposal diatas, maka Pemegang Polis wajib melakukan pembayaran selama 10 tahun. 

Berbeda dengan MIP, produk MLP mungkin mewajibkan anda untuk melanjutkan pembayaran setelah 10 tahun untuk menjaga Nilai Investasi yang telah terbentuk.

Fleksibilitas MLP dalam menyiapkan dana darurat

Produk MLP mengijinkan Pemegang Polis untuk melakukan penarikan Nilai Tunai Investasi kapan saja (saya menyarankan anda untuk melakukan penarikan Nilai Tunai Investasi setelah Polis berusia 10 tahun untuk memastikan terbentuknya dana investasi dalam polis). 

Produk MIP hanya memberikan dana pensiun ketika Tertanggung berusia 65 tahun sebesar 20% dari Uang Pertanggungan.  Manfaat dana pensiun ini dapat diklaim hanya ketika Tertanggung membeli produk MIP sebelum berusia maksimum 50 tahun dengan kontrak pembayaran maksimum 10 tahun.

Keunggulan produk MLP  dengan asuransi tambahan (rider)

Jika produk MIP hanya berupa asuransi jiwa, maka produk MLP memiliki asuransi tambahan seperti santunan rawat inap, penyakit kritis, hingga disabilitas sesuai perlindungan yang diinginkan. 

*********************************
Apapun yang anda pilih, bergantung pada pilihan anda. Jika anda membutuhkan bervariasi perlindungan dalam 1 Polis, anda mungkin ingin memilih Maestro Link Plus. Jika anda membutuhkan perlindungan dengan budget dan kontrak pembayaran yang terbatas, anda mungkin ingin memilih Maestro Infinite Protection. Jika anda membutuhkan asuransi jiwa sekaligus dana pensiun, anda dapat memilih salah satu dari 2 produk diatas.

Apabila ada hal yang ingin ditanyakan terkait perencanaan keuangan dan perlindungan, mohon untuk dapat menghubungi kami via Whatsapp / grup whatsapp / Facebook Page kami..


No comments

Berikan tanggapan atas artikel ini