Header Ads

3 point penting ini perlu anda lakukan setelah menerima Polis asuransi

via Pexels.com
Bagi sebagian orang yang baru memiliki Polis Asuransi, anda mungkin merasa bingung dan bertanya

  • Apa yang perlu saya selanjutnya ?
  • Apakah saya sudah terlindungi ?
  • dan bervariasi pertanyaan lainnya yang mungkin muncul di benak anda.
Tenang, jika anda telah menerima polis, maka Penanggung telah secara sah bersedia menjamin anda menjadi nasabah mereka, dan anda telah resmi menjadi Pemegang Polis atas produk asuransi yang anda beli. Berikut adalah hal yang perlu anda lakukan sebagai Pemegang Polis :

1. Wajib : Konsisten membayar premi secara tepat waktu

Dengan membayar premi secara tepat waktu, anda sedang menjaga keaktifan Polis yang menjamin Tertanggung. Polis aktif seringkali disebut dengan status In Force. Di beberapa kasus, Pemegang Polis kerap lalai dan alpa dalam melakukan pembayaran premi sehingga status Polis berubah menjadi Lapse. 

Jika resiko terjadi saat Polis anda sedang dalam status Lapse, maka sangat mungkin bagi Penanggung untuk tidak menjamin resiko yang terjadi atas anda yang mengakibatkan klaim anda ditolak oleh Penanggung.

2. Wajib : Polis bersifat rahasia dan bukan merupakan informasi publik

Polis asuransi mengandung informasi yang bersifat konfidensial. Itu sebabnya anda tentu ingin menyimpan Polis tersebut dengan baik di tempat yang aman agar terhindar dari penyalahgunaan informasi di masa mendatang. 

Salah satu syarat dalam melakukan klaim santunan resiko tutup usia ialah dengan menyertakan Polis asli. Jika anda tidak memiliki Polis asli, maka sangat mungkin santunan resiko tutup usia anda tidak akan diberikan oleh Penanggung.

Bila anda telah menerima Polis, pastikan anda telah berkomunikasi dengan orang - orang yang terkait dengan asuransi anda tentang:
  • Ketentuan dan peraturan yang tercantum dalam Polis,
  • Prosedur dalam melakukan klaim,
  • Uang Pertanggungan yang disepakati dalam Polis,
  • Peranan masing - masing peran dalam asuransi seperti Pemegang Polis, Tertanggung, Agen, Termaslahat (ahli waris),
  • Hubungi dan cari tahu kantor cabang dimana Agen Asuransi anda bekerja,
  • Rumah Sakit yang bekerja sama dengan Asuransi beserta Nomor telepon yang bisa dihubungi.
  • Simpan alamat email, alamat kantor, serta nomor telepon Penanggung.

3. Wajib : Menjaga data dan informasi dalam Polis agar up to date

Sangat penting bagi anda untuk menjaga data dan informasi dalam Polis agar up to date. Jika anda memperbarui nomor telepon, alamat korespondensi, alamat email, dan seluruh identitas pribadi lainnya, maka anda wajib menginformasikan perubahan tersebut kepada Penanggung.

Anda tentu tidak ingin kehilangan informasi / notifikasi / perkembangan terkini / status Polis yang mungkin dikirimkan kepada anda via Email, Surat - menyurat, maupun SMS / Telepon.

**************************************
Bagi anda yang telah memiliki Polis, sudahkah anda mempertimbangkan 3 poin penting diatas?

Bagi anda yang belum memiliki Polis, jangan sungkan untuk menghubungi kami via Whatsapp / Facebook Page / telepon / SMS untuk mendapatkan informasi seputar asuransi yang anda butuhkan.

Kami juga mengedukasi netizen tentang asuransi via Twitter. Bagi anda yang aktif di media sosial Twitter, jangan sungkan untuk menghubungi kami via Mention atau Direct Message.

No comments

Berikan tanggapan atas artikel ini