Header Ads

Hal yang tidak orang ketahui tentang Asuransi Travel

via Pixabay.com
Bagi anda yang terbiasa bepergian jarak jauh via jalur darat, laut, maupun udara, anda mungkin akan ditawarkan untuk membeli Asuransi. Asuransi yang dimaksud disini ialah Asuransi Travel yang fungsi serta manfaatnya memang berbeda dengan Asuransi Jiwa maupun Asuransi Kesehatan.

Jika anda menemukan sanak saudara, kolega, teman, relasi atau rekan bisnis anda yang mengucapkan:

saya sudah punya asuransi yang saya beli ketika saya membeli tiket pesawat musim lalu.

Maka, bisa dipastikan bahwa jenis Asuransi yang ia beli merupakan Asuransi Travel dan bukan Asuransi Jiwa atau Asuransi Kesehatan yang sering ditawarkan / dijual via agen asuransi.

Secara umum, Asuransi Travel hanya menjamin nasabah dalam ruang lingkup dibawah ini :

1. Resiko tutup usia dan disabilitas yang terjadi dalam perjalanan yang ditentukan

Saya sering menyarankan bagi nasabah untuk memahami Polis dan manfaat yang mereka dapatkan dalam membeli asuransi. Pada Asuransi Travel, umumnya Penanggung hanya menjamin kecelakaan yang terjadi dalam perjalanan yang telah ditentukan. 

Misalkan anda ingin berkunjung ke rumah saudara di kota Kalimantan. Anda membeli tiket keberangkatan pesawat di Bandara Cengkareng menuju Bandara di Kalimantan. Asuransi tersebut hanya menjamin kecelakaan di sepanjang Bandara Cengkareng menuju Bandara di Kalimantan. Asuransi tersebut tidak akan menjamin kecelakaan ketika anda telah tiba di Bandara di Kalimantan yang kemudian melanjutkan perjalanan melalui transportasi lanjutan.


2. Penundaan penerbangan maupun keterlambatan bagasi

Asuransi menjamin perjalanan anda berjalan sesuai rencana. Jika anda mengalami penundaan jadwal penerbangan maupun keterlambatan bagasi, hal ini mungkin akan mengganggu jadwal serta rencana kegiatan yang telah anda tentukan sebelumnya. Sesuai Polis Asuransi Travel yang telah anda terima, anda mungkin mendapatkan kompensasi atas keterlambatan ini.

Jika anda sering mendengar penumpang maskapai yang "ditelantarkan" karena penerbangan pesawat, sangat mungkin mereka tidak membeli asuransi, sehingga setiap resiko keterlambatan penerbangan maupun bagasi harus ditanggung oleh diri sendiri. 

***********************************
Ketika anda telah tiba di Bandara Tujuan dengan selamat, maka Asuransi Travel takkan menjamin anda dari resiko apapun. Itu sebabnya mengapa sangat disarankan bagi anda untuk memiliki asuransi pribadi sekalipun diri anda telah dijaminkan oleh Asuransi Travel maupun Asuransi Kantor sesuai pada artikel yang kami tulis pada tautan berikut ini.

Akhir kata, selamat berlibur dan menikmati rekreasi anda!

No comments

Berikan tanggapan atas artikel ini